Beranda Headline Bupati Pesisir Barat Hadiri Acara Pagelaran Budaya Marga

Bupati Pesisir Barat Hadiri Acara Pagelaran Budaya Marga

| 967 views

PESISIR BARAT, BangkitNusantara.com. – Bupati Pesisir Barat Dr.Drs.Agus Istiqlal,SH.,MH menghadiri acara Pagelaran Budaya Marga Penguatan Kearifan Lokal Sai Batin Pekon Suka Negara, Kecamatan Pesisir Tengah, Rabu (2/10).

Dalam sambutan Bupati bahwa gelaran seni budaya pada prinsipnya merupakan mensosialisasikan beragam nilai, norma dan kearifan yang terdapat di dalam kebudayaan itu sendiri kepada masyarakat luas.

Tidak hanya di internal masyarakat Pesisir Barat, namun juga masyarakat luar daerah bahkan masyarakat internasional.

“Gelaran seni budaya ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh elemen masyarakat Pesisir Barat pada khususnya, dan masyarakat luas pada umumnya.

Betapa Negeri Para Sai Batin dan Para Ulama ini sangat kaya akan seni dan budaya, yang telah diwariskan secara turun temurun oleh leluhur kita pada masa silam.

Ini berarti potensi yang bisa kita manfaatkan amat besar untuk mengatrol akselerasi pembangunan daerah dalam rangka mewujudkan kualitas hidup masyarakat dan kondisi daerah yang lebih baik saat ini maupun pada masa yang akan datang, “jelas Bupati.

Selanjutnya, kegiatan gelaran seni budaya ini dapat dijadikan sebagai event tahunan dan diharapkan menjadi muara yang menyuguhkan representasi dari pertumbuhan seni dan budaya yang ada Pesisir Barat, disamping memberikan tempat strategis kepada ekspresi seni budaya yang tumbuh dan berkembang di tengah masyarakat Pesisir Barat.

Selain itu, agar keragaman budaya lokal yang kita miliki tidak punah, tergerus oleh zaman, sehingga proses usaha budaya lokal amat penting dilakukan di era globalisasi saat ini, pungkasnya.

Turut hadir dikegiatan tersebut Enam Belas ( 16 ) Sai Batin Marga, yang ada di Pesisir Barat, serta perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan masyarakat setempat.

 

PESISIR BARAT, BangkitNusantara.com. (Asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here