Beranda Headline DPRD Metro Ajak Warga Setempat Promosikan Batik Ciprat

DPRD Metro Ajak Warga Setempat Promosikan Batik Ciprat

| 911 views

METRO, BangkitNusantara.com. – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Metro mengajak warga setempat untuk bersama mempromosikan Batik Ciprat sebagai identitas masyarakat Metro.

Hal itu disampaikan Wakil Ketua Sementara DPRD Kota Metro, Anna Morinda dalam peringatan hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober 2019 kemarin.

Menurutnya, Metro memiliki peran dan ciri tersendiri dalam berkontribusi mewarnai blantika batik nasional yang telah satu dasawarsa diperingati bangsa Indonesia.

“Batik kita akhirnya batik diakui dunia, sebagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nonbendawi, atau Masterpiece of The Oral and Intangible Heritage of Humanity oleh Badan PBB untuk Pendidikan, Ilmu dan Kebudayaan (UNESCO), pada 2 Oktober 2009. Dan metro memilki batik ciprat yang harus kita promosikan hingga mancanegara,” kata Anna Morinda, Kamis (3/10/2019).

Mantan Ketua DPRD Kota Metro periode 2014-2019 itu juga menggelorakan pentingnya pelestarian batik sebagai warisan budaya bangsa. Menurutnya, Trisakti Bung Karno salah satunya adalah berkepribadian dalam berkebudayaan.

“Indonesia adalah negara yang besar, terdiri dari berbagai suku bangsa yang memiliki akar adat-istiadat budaya sangat tinggi, yang menunjukkan bahwa Indonesia sejak zaman kerajaan pun, kerajaan-kerajaan Nusantara, sudah memiliki budaya tinggi. Salah satunya adalah batik Jawa, batik Indonesia,” terangnya.

Wanita yang juga merupakan Ketua DPC PDIP Metro itu mengajak masyarakat untuk melestarikan batik.

“Namun kebudayaan ini kalau tidak dikembangkan pada era sekarang, lama kelamaan akan menjadi hilang,” ujarnya.

Bahkan, Anna juga menekankan bahwa kebudayaanlah yang mencirikan tingginya ilmu pengetahuan kita pada zaman dahulu hingga dapat diakui bangsa-bangsa lain.

“Hari Batik Nasional saya kira adalah sangat tepat untuk kita semua menunjukkan bahwa batik Indonesia adalah milik kita, yang berasal dari akar budaya bangsa Indonesia, bangsa-bangsa, suku-suku bangsa dari kerajaan di Nusantara,” tandasnya.

METRO, BangkitNusantara.com. (Asp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here